April 02, 2012

Seleksi Paskibraka

Paskibra. apa yg ada di otak elu pada kalo denger kata "Paskibra" ?

panas-panasan?
capek?
fisik kuat?
senioritas?

yaps itu semua emang ga salah, tapi gw mau ngerubah cara pandang/persepsi lu semua tentang Paskibra. ko gitu? :bingungs karena yg namanya Paskibra itu ga selalu kaya gitu! tau darimana?



Oke, jadi sebelum gw share pengalaman gw ini, gw mau kasitau dulu sebenarnya Paskibra itu apa sih. yang ngibarin bendera di Istana Negara? ga selalu, karena semua orang yg ngibarin bendera bisa disebut Paskibra, sesuai kepanjangan dari PASKIBRA yaitu Pasukan Pengibar Bendera. sedangkan PASKIBRAKA adalah Pasukan Pengibar Bendera Pusaka. nah, udah jelas kan perbedaannya? Paskibra ngibarin bendera biasa, yg bissa dibeli di tempat umum, sedangkan Paskibraka ngibarin DUPLIKAT bendera pusaka. terus kalo mau jadi Paskibraka di Istana Negara yg ditonton Pak SBY langsung itu gimana? ga gampang dan emg susaaaaahhhhhhhh begete Crazy Rabbit Winkini nih proses/tingkatan-tingkatan yg harus di lewatin :


  1. Yang pertama kalo di Jakarta (gatau di daerah lain gimana tp kayanya sama aja), Tingkat Kecamatan masing-masing sekolah. Kalo di daerah Jakarta Selatan ada 10 Kecamatan.
  2. Kalo yg kedua, Tingkat Kota Administrasi/Walikota masing-masing Kecamatan tadi.
  3. Tingkat Provinsi, contohnya : DKI Jakarta, Gorontalo, dll.
  4. Nah  yg terakhir ini baru Final-nya, yups Tingkat Nasional.
jadi ga gampang buat jadi seorang PASKIBRAKA!! oke, kita langsung aja ya ke cerita gw biar pada tau gimana beratnya.

Tanggal 17-18 Maret 2012 , gw ikut Seleksi Paskibra Tingkat Kecamatan Kebayoran Lama-Pesanggrahan, karena sekolah gw emg terletak di daerah tsb. Nomer peserta yg gw liat itu nyampe 60an keatas. Seleksinya 2 hari? Ya, hari pertama itu test fisik, postur, kesehatan, PBB, dan wawancara tahap 1. di tahap ini, kita emg digembleng abis-abisan, kalo ga punya stamina yg bagus, dijamin tuh pasti langsung drop. gw pikir, hari itu bakal langsung diumumin siapa yg lolos tahap 1 & 2 supaya pesertanya berkurang. eh, ternyata nggak, kita semua dibolehin ikut seleksi tahap 2 itu. nah, di tahap 2 ini kita wawancara tahap 2 & 3 sama test kesenian plus wawasan. banyak bgt? emang.  tapi, Alhamdulillah wa syukurilah gw LOLOS seleksi!!!!!!! Crazy Rabbit Winks beh, pas nomer gw 01 dipanggil, perasaan senengmaunangisgalau itu jadi satu. gw langsung lari ke tempat yg di tentuin tanpa ngeliat sekeliling gw, gw cuma liat anak tangga di depan gw karena ruangan yg ditentuin itu ada di lt. 4 -__- tp rasa capek itu langsung ilang karena saking senengnya lolos dan ga sia-sia usaha gw.

waktu pertama diumumin yg lolos, jumlah angkatan gw itu ada 33 org. tp gatau kenapa antara seleksi alam atau karena dy emg gamau potong rambut, jumlahnya berkurang sampe sekarang yg aktif cuma 25 org. oiya, gw lupa ngasitau kalo yg lolos seleksi itu disuruh potong rambut CEPAK 1CM! Crazy Rabbit Wink tp, surprize yg gw dapet dr Allah ga cuma lolos seleksi. setelah beberapa kali latian, gw kepilih jadi ketua angkatan 2012. Subhanallah wallahuakbar! sekarang dengan jumlah anggota 27 org ini, walaupun baru2 kenal tapi kita satu angkatan itu udh ngerasa kaya keluarga sendiri, dan feel kebersamaann/solidaritas itu berasa bgt. 2012 emg the best!!

hmm, apalagi yaaa :amazed: mungkin ini aja yah yg mau gw share, ntar kalo kepanjangan malah pada boring. oke, that's all that i can share with ya'll {} *yanggatauartinyacaridigoogletranslate* jgn bosen ya, sering-sering ke blog ini, siapa tau next time gw bisa share yg lebih berguna ke elu pada. byeee

2 komentar:

  1. salam kenal, boleh berbagi? dulu gw juga mau jadi paskibra cuma dari sekolah gw yang memang ada masalah internal jadi gk dikirim untuk seleksi. sayang? banget tapi ya mau gimana lagi, uda kelas 12, gk bisa apa-apa lagi haha anyway selamat ya, semangat! :D
    tulisannya menarik banget, gaya bahasanya ringan pula :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. haii, boleh ko sharing-sharing ajaa :D ooh, emg sekolah daerah mana? makasih yaaa, semangat jugaaa!! piss

      Hapus

Ayo mulai jadi anak Indonesia yang Kritis. Mulai dari hal kecil aja, seperti comment post ini. Peace n Love!