Desember 21, 2012

Mother's Day

heyooo wassap people?   lama tak bajumpo niiiccchhhh wkwk. yaa, sebelumnya gue mau minta maaf dulu nih beberapa bulan terakhir jarang ngeblog, biasa resiko pelajar hehe. sebenarnya ada banyak alasan sih kenapa gue baru nongol lagi. yang pertama, gue lg banyak2nya tugas, jadi sibuk belajar. yang kedua, gue juga lagi numpuk tugasnya, jadi harus belajar. yang ketiga, ini yang paling penting, gue lagi dikasi banyaaakkk banget tugas, jadi harus extra buat belajar. yaa kira2 itu sih yang bikin gue jarang ngeblog belakangan.




nah cukup ceritain knp gue jarang ngeblog, lagipula jg gue tau apa yg lu pada pikirin saat ini, kurang lebih gini. "Heelooww, kayanya masalah banget buat hidup gue knp lu selama ini ga ngeblog". yaa gue sih cukup tau aja sama lu semua.



woke, back to topic. sesuai judul posting gue kali ini, gue mau salto. posting yang berhubungan dengan hari ibu, pas banget krn besok hari ibu (bukan hari 'ubi') sedunia. hmm, sebenarnya sih isinya bukan kaya gini :



contoh 1 : *pasang muka melas* "Ibu... Kau adalah pelita hidupku.. Aku akan melakukan apa saja demi membahagiakan dirimu."
Faktanya : Sang ibu, udah kesel semaksimal mungkin sama ni bocah. boro2 disuruh nyari duit, nyapu kamarnya aja dia kaya disuruh ngerubah posisi bumi ke planet mars dan mars tuker ke bulan dan bulan dimusnahkan. jadi, yg si ibu pengen, dia cepet MATI. setelah ibunya ngomong gitu, gue yakin si anak bakal hapus tulisan di blog nya itu, dan kemungkinan besar saking shock nya, blog nya juga dihapus.


 contoh 2 : "guys, gue mau jujur nih sama kalian. sebenarnya gue itu udah kesel banget sama nyokap gue. setiap kerjaan yang seharusnya kewajibannya dia, pasti nyuruh gue. padahal kan gue harus belajar, sms pacar gue, anterin adik gue les, dll. tapi, yang gue heran, setiap gue marah2 ke dia, dia selalu ke kamar mandi ujung2nya. yaa gue sih gatau dia sebenarnya ngapain, tapi kenapa haru kamar mandi?!"
Faktanya : FYI bro, nyokap lu tiap hari ke kamar mandi kalo lu ngeluh, dia gosokin wc yang masih ada sisa2 "pisang goreng hangat" nya pake sikat gigi lu. dan gue sangat amat yakin, ketika lu tau yang sebenarnya terjadi di kamar mandi, lu bakal muntaber (muntah2-berak2-ga karuan) seumur hidup, bahkan ada yang lebih mengejutkan. kemungkinan sampai di alam barzah pun lu masih menderita penyakit muntaber tersebut, sampai2 malaikat pun takut nanyain lu krn penyakit lu yang akut itu.



yaa, gue udah kasi tau, gue gabakal nulis ttg hal-hal ga jelas kaya contoh2 diatas. yang sebenarnya gue mau post, gue udah melakukan research selama 200 tahun mengelompokkan jenis-jenis ibu menurut apa yg gue lihat sehari - harinya ke dalam beberapa jenis. so, here we go!!!



  1. Mama Rock n Roll : yaps, judulnya aja udah kaya lagunya band 'perusahaan tari' (baca : 'The Dance Company'), ya berarti sifatnya ga jauh2 beda sama potongan lirik ini : 'Mama mungkin seminggu di Bali, nyari panggung sana-sini, mama ga pulang beibeh, mama ga bawa uang beibeh'. pertanyaannya, tadi mama nyari panggung, ko gabawa uang? mama nyari panggung apa nyari papa baru? *ehh
  2. Mama Gahoel (baca : gaul) : nah, ini nih kategori yg lagi nge-hits di kalangan para wanita yg telah memiliki anak. jaman emg udah berubah bre, skrg ga cuma anak muda aja yang sering nongkrong di mcd, 711, circle k, dll, tapi EMAK-EMAK JUGA!! haduh, lu bayangin deh, ada seorang ibu muda, suaminya dinas di luar kota, anaknya masih 3 bulan (diurusin baby sitter), pake pakaian kekurangan bahan, dan naik mobil sendiri, merokok pula. haduh, gue rasa nih orang, dulu pas muda, jaman2nya orang nongkrong2 ngegaul, dia ngurus anak tetangga. jadi sekarang, begitu orang ngurus anak, dia nongkrong2 ga jelas gini. pheew crazy rabbit
  3. Mama SuperCanggih : gue benci nih sama type ini (sebenarnya sih lebih ke 'iri hati'). kenapa ben? pengen tau banget apaaa? wkwk canda2. jadi gini. emak-emak yg gue kategoriin ke sini, adalah emak-emak (yang suaminya) tajir yang kemana2 selalu ditemani gadget-gadget keren. kalo cuma 'Blackberry' dakota maahh, yaa gue maklum, walaupun harganya gamuat di dompet gue, tp agak wajar krn temen2 gue pun ada beberapa yang pake. lah yang ini? udah punya BB, tapi ditemenin sama hp yang ada gambar apel yang udah dimakan dikit dibaliknya (baca : iPhone). ga cuma itu, ibarat peribahasa ' ada udang di balik batu', dibalik smartphone mereka, ada sebuah gadget bagus. dibilang tv, agak kecil dikit. dibilang radio jelas bukan, krn teknologinya layar banting sentuh. dibilang batu bata, ga juga, krn kalo batu bata dipake buat lempar anjing, anjingnya pingsan. kalo ini dipake lempar tikus, bukan tikusnya, orangnya yang pingsan dan mungkin geger otak ringan. yang gue denger sih namanya Galaxy bimasakti Tab. coba bayangin, orang yang tinggal di pinggir rel kereta aja, dapet bb davis udah bersyukur. lah ini ibu, kalo gue bilang rakus sih mendekati, udah bebe, aifon, aipet lagi. gue tau sih sebenarnya, mereka pake itu semua cuma buat gaya2an, coba suruh pasang parental control, mana ada yg bisa -____________-
  4. Mama Detektif : seperti tugas detektif, yaitu selalu nanyain sesuatu secara detail alias KEPO. mama yang ini nih yang merupakan mayoritas dari keseluruhan mama. apaan sih ben? sesuka hati gue! tulisan2 gue, blog yang punya gue. so, masalah buat lo?!. okeh lanjut, jadi tuh mama yang ini, kalo anaknya udah pisah 5cm (aih kaya judul pilem) aja dr tempatnya dia berpijak, dia bakal nyari tau segala hal yg menurut dia perlu tapi sebenarnya menyiksa kebebasan anak, jadi semacam diktator. misal gini, saat si anak selesai sarapan, si anak baru berdiri dan berjalan selangkangan selangkah dari meja makan tsb, si ibu udah ngomong gini 'nak kamu udah minum susu? ko makannya ga diabisin? kamu berangkat sama siapa? mana temen kamu yang kemarin? pr nya udah dibawa ga?' yaa kalo lu punya tipi di rumah, kurang lebih si ibu ngomongnya kaya yg di iklan XL yg terbaru. setelah si anak pergi dan sudah waktunya pulang sekolah, si ibu langsung nelfon 'kamu udah pulang sayang? jangan keluyuran yaa. langsung pulang!' nah yang lebih fatal kalo kita ngerjain tugas (otomatis pulang telat) tapi lupa ngabarin. dia pasti bakal sms 'kamu dimana? dengan siapa? semalam berbuat apa? *backsound kangen band*' yaa, gue rasa semua anak di dunia pasti punya mama yang kaya gini.
  5. Mama Algojo : namanya aja udah algojo, buat lu pada yg gatau apa itu algojo, algojo itu orang yang memiliki tanggung jawab langsung untuk menjalankan hukuman mati atas terdakwa yang udah dijatuhkan hukuman. yaa kerjaannya kalo ga potong tangan orang, penggal leher, atau cambukin orang. serem? ganas kalo menurut gue. nah mama yg ini pola pikirnya begini 'gue gamau ngomong banyak2 kalo lu salah, percuma lu bakal ngulangin lagi. jadi mending lu gue tarik ke dalem rumah baru gue "abisin" '. jadi, kalo lu punya mama kaya gini, yaa lu bakal nikmatin gimana sistem politik jaman dulu yg dikit2 mati dikit2 mati. be patient guys!
  6. Mama 'Woles' : yoyoy, jaman sekarang kan lagi ngetrend tuh kata woles, ya gue tiba2 terinspirasi aja gitu buat nyari sesuatu ttg hal ini. jadi mama yg gue kategoriin kesini tuh yang seperti ini. ketika anak memasuki masa remaja, justru peran orang tua yang protektif yang diperlukan. tapi tidak dengan mama ini, mereka mengesampingkan tugas sbg ibu krn mereka terlalu memanjakan anaknya yang gatau diri. contoh gini :
    - anak pergi pake pakaian kekurangan bahan, 'woles' kata si mama.
    - anak ga ngerjain tugas beberapa kali sampe orang tua dipanggil, 'woles' mama said.
    - anak pergi sama cowonya dari sore sampe jam 3 pagi baru pulang, 'woles' kata mama (again)
    - anak cabut alias bolos dari sekolah bareng pacar sampe di drop-out alias DO, sang mama berkata 'woles'
    yang gue pikrin gini sob, apa2 woles, apa2 woles, gue takut yg kaya gini terjadi. si anak lunch bareng2 sekeluarga, trus tiba2 lari ke kamar mandi dan muntah. keluar kamar mandi si anak ngambil testpack, check, dan ternyata positif. ketika si anak ngasi tau si mama, dengan tenang sambil asyik main iPad nya si mama lagi2 berkata 'woles'. kill myself crazy rabbit
  7. Mama Multi-Categories : yang ini nih type MAMA GUE! happiness crazy rabbit mama yang masuk disini khusus mama gue, kalo lu mau masukin nyokap lu, lu bikin dulu surat resmi yang ditandatanganin presiden SBY yang berisi 'saya mohon izin untuk memasukkan ibu saya ke kategori multi-categories'. oke lanjut, jadi mama gue itu sebenarnya mencakup semua hal diatas tapi ada tapinya, nih mama gue :

    1. nyokap gue itu termasuk mama rock n roll, tapi gapernah sampe nyari papa baru.
    2. nyokap gue ini gahoel juga, tapi suaminya ga dinas di luar kota, anaknya udah 3 ekor (ga pernah diurusin baby sitter), ga pake pakaian kekurangan bahan krn pake jilbab, dan ga naik mobil sendiri (karena belum punya mobil tapi akan), dan absolutely not semoking (baca : merokok, bukan menyemokkan diri sendiri krn kata 'semok' dan 'ing').
    3. nyokap gue canggih aja, ga super, karena cuma pake bb dan secondary handphone nya, just Nokia.
    4. nyokap gue dibilang detektif sih ngga, karena dia ngga se-KEPO itu. yaa paling kalo gue pulang telat langsung nge-ping2 via bbm. agak ngeselin sebenarnya -___-
    5. nyokap gue algojo? nonononono, nyokap gue emg agak sadis, tapi bukan algojo, understand it?
    6. nyokap gue woles sih emg iya, tp ga segitunya juga. paling mentok tuh kaya gini. misalkan gue pergi dari sore, matiin hp, terus baru pulang jam 3 pagi, hal yg gue terima adalah sms di jam 2 pagi yg bertuliskan 'Nak, koper dan semua barangmu udah di depan gerbang. jangan lupa bawa sandal yang merusak pemandangan di depan teras. Terima kasih'. untung gue bukan anak yang woles, kalau gue anak yang woles, mungkin gue bakal bales 'Oke, terima kasih kembali'.

    yaa begitulah nyokap gue, dan gue yakin nyokap lu pada juga ga jauh2 dari apa yg gue prediksikan. tapi yang gue lebih yakin, percayalah guys, sekejam/seunik/sewoles/seapapun jenisnya nyokap kita, dia pasti punya tujuan yang mulia yang cuma ibu yang bisa gini, mereka ingin kita jadi lebih baik dari mereka. kalo mereka kurang mampu, mereka ingin kita sangat mampu. kalo mereka buta huruf, mereka ingin kita buta kebodohan. tapi kalo mereka punya anak 13, gue ga yakin semua orang tua pingin anaknya punya anak 14, karena mereka punya anak 13 aja susah, mereka pasti mikir, kalo kita punya anak 14 mau jadi apa?

Okee, sekian yaahh yang gue bisa sampein. semoga aja menghibur dan alhamdulillah kalo bermanfaat hehe. maap2 yee kalo ade salah-salah kate. jangan dimasukin hati, masukin ketek aje sebagai rasa terima kasih gue buat nyokap gue, gue selipin gambar 'Selamat Hari IBU'. Byeee see ya'll soon!


Love you so much, Mom :* {}

1 komentar:

Ayo mulai jadi anak Indonesia yang Kritis. Mulai dari hal kecil aja, seperti comment post ini. Peace n Love!